Home » Meningkat Pesat Namun Dimonopoli, SPRI dan FWBI: Saatnya Pers Lokal ‘Rebut’ Belanja Iklan Nasional

Meningkat Pesat Namun Dimonopoli, SPRI dan FWBI: Saatnya Pers Lokal ‘Rebut’ Belanja Iklan Nasional

by admin
30 views

Sumatera Utara : radarpublik.net – Trend Belanja Iklan Nasional terus meningkat dari tahun ke tahun. Bahkan tahun 2019 belanja iklan nasional mencapai Rp 181 triliun. Kabar ini mengacu pada data perusahaan periset pengukuran dan analisis data global Nielsen Digitl Advertising Intelligence.

Dari total belanja iklan nasional Rp 181 triliun tersebut, 85 persen belanja iklan dikuasai Televisi dengan angka belanja iklan mencapai Rp 143 triliun. Sedangkan, belanja iklan untuk media cetak lebih dari Rp 22 triliun dan total belanja iklan untuk radio mencapai Rp 1,7 triliun.

Nielsen Digitl Advertising Intelligence juga mencatat bahwa kategori Layanan Online sebagai penyumbang belanja iklan terbesar dengan total Rp 10,3 triliun. Sedangkan belanja iklan untuk Perawatan Rambut berada diposisi kedua dengan total Rp 9,3 triliun.

Baca juga:  Kepala Bappenas Sampaikan Pembangunan IKN Akan Menjadi Pemicu Pembangunan Indonesia Bagian Timur

Untuk posisi ketiga kategori Pemerintahan dan Organisasi Politik dengan total belanja iklan sebesar Rp 8,8 Triliun. Sementara belanja iklan untuk kategori Rokok Kretek mencapai Rp7,2 triliun dengan pertumbuhan 24 persen.

Related Articles