Home » Menteri PPN Sampaikan Keberhasilan Stranas PK Dalam Acara Hari Anti Korupsi Sedunia

Menteri PPN Sampaikan Keberhasilan Stranas PK Dalam Acara Hari Anti Korupsi Sedunia

by admin
51 views

Jakarta : radarpublik.net – Korupsi sejatinya adalah kejahatan yang merugikan banyak orang dan juga negara. Pemberantasan korupsi hingga ke akar-akarnya akan memperkuat mental bangsa untuk menjadi bangsa yang maju.

Komitmen untuk memberantas korupsi dan pencegahannya ini telah tertuang dalam perpres 54/2018 tentang Stategi Nasional Pencegahan Korupsi (Stranas PK). Perpres ini menghasilkan Surat Keputusan Bersama (SKB) 5 Menteri dan Kepala Lembaga yaitu Pimpinan KPK, Menteri Dalam Negeri, Menteri PPN/Bappenas, Menteri PANRB dan Kepala Staf Kepresidenan yang ditandatangani pada tanggal 19 Oktober 2020. Kelima kementerian dan lembaga tersebut diperintahkan untuk menjalankan 11 Strategi Nasional Pencegahan Korupsi (Stranas PK) selama dua tahun, mulai dari Januari 2019 sampai Desember 2020.

Baca juga:  Dukungan Menteri PPN Agar KPI Terus Memberikan Program Siaran Yang Mendidik Bagi Masyarakat

Pelaksanaan SKB menekankan pada prinsip Fokus, Terukur, dan Berdampak yang menjadi acuan pelaksanaan aksinya. Saat ini pelaksanaan 11 strategi tersebut sudah menjelang akhir perjalanannya. Dalam acara Hari Anti Korupsi Sedunia (HAKORDIA) yang berlangsung di Gedung KPK pada hari Rabu (16/12/2020), Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa sebagai salah satu Kementerian yang ada dalam SKB 5 Menteri, didapuk untuk menyampaikan hasil laporan pelaksanaan Stranas PK 2020. Acara ini juga dihadiri oleh Presiden Joko Widodo melalui video konferensi.

“Dalam pelaksanaannya, Stranas PK telah berkolaborasi dan bersinergi dengan 87 Kementerian/Lembaga dan 542 Pemda, serta didukung dengan partisipasi aktif dari Media, CSO, Asosiasi usaha dan berbagai Mitra Pembangunan,” ungkap Menteri.

Related Articles