Home » ZOOM yang Lagi di-zoom Oleh Netizen dan Intelijen

ZOOM yang Lagi di-zoom Oleh Netizen dan Intelijen

by admin
8 views

Opini Publik : radarpublik.net – Kebiasaan baru untuk rapat lewat fasilitas video-conferencing sedang digalakan. Kita pun lagi belajar dan mencoba membiasakan diri. Tampil di depan laptop dengan baju rapih, tapi tetap pakai celana kolor. Santuy… dan bisa sersan (serius tapi santai).

Social-distancing memaksa hal ini mulai dibiasakan. The new norm, the new routine. Pola rapat dan diskusi kelompok yang baru, walau tak perlu pakai baju baru.

Tapi tiba-tiba ada berita, gak aman lho pakai zoom, berisiko. Risiko apa? Risiko ketahuan semua rahasia kita oleh Tiongkok! Zoom khan produk Tiongkok dan server-nya pun ada di sana, semua data rutenya lewat sana.

Rupanya Zoom lagi disoroti (di-zoom) oleh para netizen, para pakar IT dan tentu saja oleh kalangan intelijen (yang melayu maupun yang non-melayu).

Saya yang bukan ahli IT sempat kaget juga. Lalu berpikir rahasia macam apa ya yang mau diintip oleh intelijen Tiongkok dari percakapan video saya dengan teman-teman saya?

Lha wong kebanyakan isinya cuma cekakakan. Walau kadang ada juga sih omongan serius versi kita sendiri. Misalnya topik tentang unit usaha mikro, kecil dan menengah yang versi kami-kami ini juga.