Home » Pembangunan Dinding Gapura Desa, Diduga Pemdes Bulusari Menyerobot Tanah Orang

Pembangunan Dinding Gapura Desa, Diduga Pemdes Bulusari Menyerobot Tanah Orang

by admin
89 views

Banyuwangi : radarpublik.net – Pembangunan insfrastruktur di desa yang menggunakan keuangan negara memang sangat penting dan dibutuhkan guna menunjang perkembangan suatu desa dan masyarakat desa itu sendiri.

Akan tetapi apabila dalam pelaksanaan pembangunan desa yang menggunakan dana desa (DD) maupun anggaran dana desa (ADD) tetap harus sesuai regulasi dan tidak boleh melanggar aturan itu sendiri sebagaimana sudah diatur pada Undang-Undang nomor 6 tahun 2014 tentang Desa.

Baca juga:  Menteri PPN: 2566 Pegawai Bappenas PNS dan Non PNS Akan Divaksin Covid-19

Pembangunan insfrastruktur desa yang dilakukan oleh pemerintah desa menggunakan keuangan negara, di atas tanah Hak milik orang tanpa sepengetahuan dan izin dari pemilik dapat dikategorikan penyerobotan tanah sesuai pasal 385 KUHP dan dapat dikenakan sanksi pidana. Sabtu (20/03/2021)

Hal ini terjadi di Desa Bulusari kecamatan Kalipuro kabupaten Banyuwangi, dimana dalam pembangunan dinding tembok gapura dibangun diatas tanah hak milik orang lain tanpa sepengetahuan dan izin dari pemiliknya dan diketahui dalam pembangunan tersebut menggunakan dana desa tahun 2020.

Anehnya, dalam audit oleh inspektorat kabupaten banyuwangi tidak dijadikan suatu temuan dimana pemilik hak atas tanah tersebut meminta kepada pemerintah desa Bulusari untuk segera membongkar pagar dinding tersebut.

Related Articles