Home Implosi Sosial yang Mengarah ke Pemilu 2024

Implosi Sosial yang Mengarah ke Pemilu 2024

by admin
10 views

Opini : radarpublik.net

Oleh: Andre Vincent Wenas

Peledakan ke dalam (implosi) sebagai lawan dari peledakan ke luar (eksplosi).

Ala pemikiran Jean Budrillard dimana kekuatan implosi (implosion) sedang bekerja. Yaitu dimana banyak kekuatan sosial politik sedang berdesakan masuk ke ruang kekuasaan yang dulu telah ditinggalkan Sang Penguasa Tunggal. Jejal menjejal, jegal menjegal. Seperti penonton bola di pintu stadion yang sedang berebutan masuk.

Kekuasaan tunggal ala orba dulu telah berubah bentuk menjadi banyak partai atau banyak pusat kekuasaan politik (yang didukung atau saling dukung dengan kekuatan ekonomi/bisnis).

Pasca orba telah tumbuh silih berganti berbagai partai yang semua saling berdesakan demi memperebutkan kekuasaan. Ramai, dan penuh gegap gempita. Istilah dari Yasraf Amir Piliang, “…bagaikan berjuta-juta serbuk besi yang mengerubuti sebuah magnet kekuasaan yang telah ditinggalkan sehingga semuanya saling berdesakan, saling berebut ruang kekuasaan – the great implosion of power.” (Chaosophy, dalam bukunya, “Hantu-hantu Politik dan Matinya Sosial”, 2003).

Setelah eksplosi sosial politik di tahun 1998 yang ditandai dengan lengsernya kediktatoran Soeharto, sebuah peledakan ke arah luar mengakibatkan terpencarnya kekuasaan tunggal jadi pecahan berbagai partikel.

Tinggalkan Balasan