Home Dukung BUMN untuk Tidak PHK tapi Efisiensi, atau Mati!

Dukung BUMN untuk Tidak PHK tapi Efisiensi, atau Mati!

by admin
3 views

Opini : radarpublik.net 

Oleh: Andre Vincent Wenas

Ini situasi krisis. Situasi yang ideal untuk change-management yang radikal sekalipun!

Total jumlah BUMN dan BUMD beserta anak cucu perusahaannya, entah sudah ada berapa sekarang. Ratusan, atau bahkan ribuan? Ini jenis usaha yang menggunakan modal uang rakyat. Dari APBN atau dari APBD. Jenis kapitalisme oleh negara, state-capitalism.

Diselenggarakan oleh negara, tugasnya untuk berbisnis dan memperoleh keuntungan yang sebesar-besarnya disetor ke kas negara, sebagai pemasukan dalam APBN atau APBD.

Untuk kemudian dialokasikan kembali oleh pemerintah (Presiden, Gubernur, Walikota/Bupati) bagi program-program prioritas. Prioritas bagi kepentingan rakyat, dalam dimensi waktu saat ini maupun jangka menengah dan panjang.

Supaya untung, suatu operasi bisnis mesti memegang 2 (dua) prinsip penting, yaitu: efektivitas dari mesin bisnis (business engine)-nya, dan efisiensi dalam menjalankan operasi bisnis (business-operation)-nya.

Efektivitas bisnis bicara soal model bisnis yang paling pas dalam lingkungan bisnis (business environment, landscape). Dengan alat manajemen yang disebut radar bisnis bernama PESTEL analysis (analisa dampak politik, ekonomi, sosial, teknologi, ekologi/ environment dan aspek legal/hukum) suatu lingkungan bisnis bisa dibaca dalam kontinuitasnya.

Sedangkan efisiensi adalah prinsip dasar ekonomi yang dengan menggunakan sumber-daya seminimal mungkin bisa diperoleh hasil semaksimal mungkin. Tanpa merusak business-engine atau korporasi itu sendiri. Bahkan mesti terus diperkuat demi menghadapi persaingan sekarang maupun antisipasi masa depan.

Tinggalkan Balasan