Home » Diduga Dampak Limbah Kotoran Ayam, Petani Ikan Merugi Jutaan Rupiah

Diduga Dampak Limbah Kotoran Ayam, Petani Ikan Merugi Jutaan Rupiah

by admin
32 views

Banyuwangi : radarpublik.net – Diduga minimnya Kesadaran masyarakat untuk menjaga kebersihan dan kelestarian Alam masih Penuh Tanda tanya, pasalnya ditemukan pembuangan limbah dari kotoran ayam petelur yang ada di kecamatan Glenmore ke aliran sungai dalam pantauan awak media sungai tersebut digunakan Masyarakat untuk MCK (Mandi Cuci Kakus) setiap Harinya. Selasa (05/05/2020)

Warga yang terdampak sangat resah, akibat air limbah dari sebuah kandang ayam petelur milik warga Dusun Sidoluhur Desa Sepanjang, Kecamatan Glenmore Banyuwangi yang terkesan sengaja di buang ke aliran sungai. Dampaknya Bukan hanya penyakit gatal atau kulit, Warga hilir sungai di Dusun Sepanjang Wetan, resah lantaran ratusan ikan peliharaan yang berada di kolam dan karamba milik beberapa warga mendadak banyak mati.

Baca juga:  Pelayanan Dinas Pertanian Dan Ketahanan Pangan Kab.Banyuwangi Sangat Buruk dan Bantuan Pengadaan Bawang Putih Diduga Tidak Sesuai Spesifikasi

Hal itu di beber ER,Ketua Pokmas (Kelompok Masyarakat) Bina Bersama, warga Dusun Sepanjang Wetan, satu bulan yang lalu ratusan ikannya dari jenis Tombro, Nila dan Koi di 25 kotak karamba-nya banyak yang mati mendadak.

Ratusan ikan yang mati tersebut di temukan bercak putih di dalam kepalanya, insang ikan yang rusak di temukannya kotoran lendir berwarna putih tersebut yang di Duga kuat karena kena Zat amoniak limbah kotoran ayam petelur.

“Seperti lumut putih yang berlendir itu akan keluar di kala musim panas seperti ini, jadi insang ikan akan rusak jika menelan kotoran itu, yang jelas ikan ikan itu keracunan zat Amoniak limbah”. Ucapnya kepada wartawan

Baca juga:  Menteri Pertanian Sambut Kunjungan Ketua Kordinator KKT - PTI Daeng Jamal di Ruang Kerjanya

Bukan karena obat-obatan Kimiawi jelas ER namun memang hal itu karena limbah air kotoran yang dari hulu sungai, di terangkan jika karena obat kimia atau insektisida lain, ikan yang terkena semuanya akan total mati.

Related Articles